Wikipedia

Hasil penelusuran

Translate

Berau - Kepulauan Derawan menawarkan Pulau Maratua yang sangat indah. Tidak cuma bentang alam yang menawan, di sini juga tersedia tempat menginap yang nyaman untuk wisatawan.




Para penyelam handal sudah menjadikan Pulau Derawan sebagai salah satu target utama untuk menyelam. Tapi jangan salah, di sekitar Pulau Derawan yang termasuk Kabupaten Berau, Kalimantan Timur itu masih ada beberapa pulau lagi yang tak kalah cantik, baik darat maupun lautnya.

Salah satunya adalah Pulau Maratua. Untuk mencapai pulau ini, kita memerlukan waktu perjalanan laut sekitar satu jam dari Pulau Derawan. Kalau dari Pelabuhan Tanjung Redep, kita perlu pergi dulu ke Tanjung Batu dengan mobil, pulang pergi Rp 800 ribu untuk enam orang. Kemudian naik boat dari Tanjung Batu ke Maratua dengan harga sewa Rp 3 juta pulang pergi, untuk kapasitas 10 orang.

Pulau ini menawarkan banyak pesona, selain wisata bahari yang menjadi incaran para diver lokal dan mancanegara. Pulau Maratua juga memiliki gua dan danau yang pantas dikunjungi.

"Maratua itu bagus dan unik. Di sini ada resort yang bagus, ada pemukiman warga asli Suku Bajo, memiliki aset wisata yang banyak, ada gua-gua, danau dan yang unik disini adalah Danau Ubur-ubur," ujar Abdul Rozak (31), traveler asal Jakarta, kepada detikTravel saat berkunjung ke Maratua pekan lalu.

Di Pulau Maratua, Anda akan menemukan sebuah penginapan yang nyaman dengan rupa fasilitas yang cukup baik. Misalnya di Maratua Paradis, penginapan ini yang memasang biaya Rp 650 ribu per kepala untuk water villa dan Rp 550 ribu untuk pantai, dengan kapasitas villa berkisar 2-3 orang. Ini sudah termasuk layanan makan tiga kali sehari.

Penginapan ini juga memiliki fasilitas untuk diving dan snorkeling yang akan dikenakan biaya terpisah. Namun bila biaya penginapan ini terlalu mahal, warga sekitar memberikan opsi home stay.

Harganya per kamarnya berkisar Rp 250 ribu tanpa AC dan Rp 350 ribu dengan AC, termasuk makan. Di Desa Payung-Payung, Berau, layanan home stay lebih murah yakni berkisar Rp 150 ribu per kamar.

"Maratua paling kaya dan paling lengkap,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar